∴ Investasi di Asuransi Berhenti Naik & Makin Merosot? Bisa menjadi NOL?

Beberapa faktor yang mempengaruhi nilai investasi/ unitlink asuransi milik Anda:

∴ Pemotongan Biaya asuransi/ biaya proteksi, selalu HANGUS.
Tidak ada yang gratis di dunia ini, semakin besar nilai proteksi maka biaya pemotongan semakin besar. Bukti biaya proteksi HANGUS adalah semakin tua umur Anda, sisa nilai investasi berkurang drastis dan bisa berkurang hingga NOL.

Mungkin Anda pernah terdengar asuransi A tidak hangus. Perlu dihitung teliti, tidak hangus yang benar adalah dikembalikan seluruh yang biaya yang dipotong beserta bunga.
Contoh: Anda menaruh 1Milyar di asuransi A, lalu 10tahun kemudian dapat ditarik kembali 1Milyar (setelah ditarik total maka perlindungan asuransi berakhir selamanya). Pertanyaan bila hanya terima modal, sudah berapa besar Anda kehilangan bunga bila dialihkan ke Bank? Kita hitung bunga 6% dari 1Milyar untuk 10tahun sudah sekitar 600juta (alam bawah sadar tidak menyadari mahal sekali asuransi yang dibayar, anda telah kehilangan 600juta bunga bank tersebut).

∴ Investasi yang terbentuk akan dipotong dengan kencang saat usia kita tua.
Biaya proteksi Asuransi tiap tahun pasti naik seiring kenaikan resiko. Agar Anda tidak merasa berat memikirkan biaya proteksi yang semakin mahal, maka diciptakan investasi di asuransi, sehingga Anda dari jauh hari sudah mulai menabung, yang kelak akan diambil terus untuk menutupi biaya pemotongan yang semakin naik, jadi jangan heran investasi semakin merosot (kecuali Anda berani menginvestasi uang dalam jumlah sangat besar, sehingga bunga yang sangat besar mampu mengejar kenaikan pemotongan biaya)

∴ Angka di Proposal/ ilustrasi kelihatan sangat menarik tapi tidak ada yang benar
Polis asuransi tidak menulis JANJI akan besar kenaikan investasi. Agen memberi Anda iming-iming uang semakin bertambah/ nilai investasi akan naik tinggi? Anda disuruh melihat saja ke proyeksi kenaikan menengah dan tinggi? Itu tidak benar karena pergerakan investasi tidak selalu mulus, kadang bisa rugi/turun atau tidak untung.

Berhati-hati dengan janji dari mulut agen asuransi, karena tidak dapat dipertanggung jawabkan. Sesuatu yang sah dimata hukum hanya yang tertulis di pasal polis. Proposal/ilustrasi adalah kertas yang dicetak/diselipkan dengan polis, namun bukan satu kesatuan dengan polis. Bayangkan Anda ditawarin beli rumah dengan harga 500juta, terselip proposal tertulis kelak harga jual kembali akan naik jadi 2milyar. Apakah disurat jual beli ada tulisan dijamin kelak naik menjadi 2Milyar? Sadarkah Anda proposal investasi hanya membuat Anda bermimpi indah? Karena tidak ada angka ilustrasi apabila investasi mengalami kerugian. Semua hanya gambaran indah apabila naik tiap tahun.

∴ UANG/ investasi bisa menjadi NOL? Bisa terjadi!
Usia semakin tua maka semakin besar biaya proteksi Anda. Ketika bunga investasi dan premi yang dibayar lebih kecil daripada total pemotongan biaya asuransi, maka investasi Anda akan dikurangi terus hingga NOL. Setelah itu Anda harus setor lebih bila tidak ingin perlindungan diberhentikan (misal saja dalam sebulan anda harus bayar 2xlipat lebih besar dari premi). Jangan heran jikalau kejadian diatas menimpa Anda saat usia 50tahun keatas.

Kesimpulan dari halaman ini adalah biaya pemotongan biaya proteksi naik setiap tahun, investasi di asuransi merupakan wadah untuk menabung uang Anda agar membantu mengurangi beban atas kenaikan biaya proteksi saat tua. Apabila Anda menabung dalam jumlah sedikit tentu tidak akan cukup dan akan ditagih kekurangan di kemudian hari. Anda juga jangan berharap imbal hasil investasi apabila uang investasi anda hanya cukup untuk menutupi biaya pemotongan biaya proteksi.